Workshop Arang Sekam Galesong

Workshop Arang Sekam merupakan sbuah unit usaha yang dikembangkan dengan model pemberdayaan masyarakat.

Workshop Arang Sekam hadir guna meningkatkan nilai ekonomis sekam padi yang melimpah di berbagai daerah, selain meningkatkan nilai ekonomis limbah. Workshop Arang Sekam galesong juga berusaha mengembangkan model pemberdayaan masyarakat, sehingga unit bisnis ini dapat membantu masyarakat sekitar untuk mendapatkan sumber pendapatan baru untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Workshop Arang Sekam Galesong digagas oleh anak muda bernama Ahmad Husain (disapa Uceng) yang memang memiliki ketertarikan pada pertanian organik, khususnya dalam pemanfaatan limbah pertanian,

Kuota produksi Arang Sekam terus meningkat. Sumberdaya melimpah dan banyak warga siap mendukung usaha produksi, dalam artian masyarakat menyambut dengan baik unit usaha ini. hasil pengolahan limbah sekam dapat menembuh harga yang baik.

Selain memproduksi arang sekam sebagai media tanam, Workshop Arang Sekam Galesong terus berusaha untuk mengembangkan variasi produk dan mengekplorasi berbagai manfaat arang sekam.

Dari beberapa referensi, arang sekam dengan kandungan silika yang tinggi dapat menjadi bahan pembuatan kaca. Selain itu arang sekam pun dapat dimanfaatkan dalam pembuatan beton ringan.

Workshop Arang Sekam Galesong mulai aktif berproduksi pada bulan Juli 2016.